Empat Amunisi Andalan Mobil Honda

0000432008

Honda Palembang –  Terhitung sejak tahun 2008, Honda sudah mulai mengembangkan basis yang baru kepada produk-produk mereka. Pada tahun tersebut, pembaharuan sudah dilakukan lebih awal kepada Honda Freed. Dimulai dengan eksistensi gril yang kemudian diikutkan pada Honda CRV. Secara garis besar, ke-empat mobil ini punya garis generasi yang sama meskipun dengan tahun lahir yang berbeda. Dengan konstruksi sasis dan body yang relatif sama, ke-empatnya punya penawaran yang ditonjolkan pada 4 kelas yang berbeda.

Berikut adalah perbandingan 4 mobil Honda dengan basis yang sama namun dengan format yang berbeda. Siapa tahu dengan perbandingan 4 mobil ini bisa didapatkan alternatif terbaik buat para pecinta mobil honda.

Honda Freed – Mengudara pada tahun 2008 pertama kalinya sebagai mobil yang terkesan baru, lantaran dengan format MPV saat itu, Honda Freed terlihat unik. Terutama dari format gril yang total baru, dan eksterior yang juga unik. Honda Freed dipersenjatai dengan mesin berukuran 1,5 Liter. Pada daftar ini, Freed adalah satu-satunya keluarga Honda yang masih belum dibekali dengan eksistensi CVT. Kerennya adalah, bahwa satu-satunya assembly Honda Freed ada di Karawang. Selain itu, Honda Freed juga merupakan produk yang masih agak konvensional lantaran masih harus memakai kunci untuk menyalakan mesinnya. Namun fitur lainnya yang mendukung adalah sliding door yang tidak dimiliki ketiga mobil lainnya.

Cukup sedikit yang mengetahui bahwa sebetulnya Honda Freed merupakan mobil penerus Mobilio lawas yang telah keluar lebih dahulu. Benar, Mobilio telah hadir pada tahun 2001 lalu dan kemudian dihentikan pada 2008 untuk generasi pertama. Dan baru dilanjutkan produksinya tahun 2014. Freed E A/T dihargai sampai Rp 302,8 juta.

Honda City – Honda City, salah satu line up paling tua lantaran generasi pertama dari mobil ini sudah ada sejak 1981. Honda City E CVT merupakan generasi ke-enam pada Honda City. Sebetulnya Honda City generasi ke-lima punya rupa mirip dengan Honda Freed. Memiliki ukuran mesin yang sama, yakni 1,5 Liter, namun punya kelebihan pada sisi efisiensi lantaran Honda City E sudah diperbaharui dengan adanya Continously Variable Transmission atau CVT yang menambah level rasio efisiensi bahan bakarnya.

Honda City terbilang royal dalam memanjakan penumpangnya, lantaran beberapa fitur juga ditambahkan dalam kabin, seperti stabilizer, Eco Mode dan Eco Assist. Jelas jadi sajian menggugah selera bagi para penggemar Honda. Honda City telah mencapai generasi ke-enam. Generasi pertama dulu diciptakan pada tahun 1981. Tak sedikit yang membandingkan City dengan pabrikan Honda lainnya, yakni Civic. Harga Honda City E CVT jadi yang termahal dengan harga Rp 343,5 juta.

Honda HR-V – Line up termuda ada pada diri Honda HR-V yang diproduksi tahun 2015 ini. Namun Honda HR-V yang sekarang ini merupakan terusan dari generasi pertama HR-V yang eksis pada tahun 1999 sampai dengan 2006. Mesin 1,5 i-VTEC dari Honda juga sudah melekat pada mobil yang punya tahun model 2016 ini. Dan setelah beberapa kali diperbandingkan, mobil ini punya dimensi lebih kecil dari Honda CR-V dan Honda Pilot yang tidak masuk ke Indonesia.

Mobil yang diklasifikasikan sebagai CUV alias Crossover Utility Vehicle ini punya fitur yang terbilang lengkap. Bahkan jika dibandingkan dengan City, HR-V masih lebih unggul. seperti rem parkir elektrik. Selain itu kabin juga terkesan jauh lebih mewah daripada Honda City. Sayangnya, sebagai crossover mobil ini tergolong boros ruang, lantaran cuma ada dua baris bangku, meskipun otomatis menghadiahkan kompartmen di belakang lebih lega dan memuat barang lebih banyak. Harga Honda HR-V E CVT mencapai angka Rp 302,5 juta.

Honda Jazz – Inilah mobil idaman banyak anak muda, namun juga jadi yang paling murah di antara ke-tiga kontestan lainnya. Honda Jazz merupakan bentuk lain dari Honda Fit yang generasi pertamanya eksis pada tahun 2001 lalu. Sama seperti HR-V dan Freed, Honda Jazz juga difabrikasi di Karawang, salah satunya. Mobil ini memiliki mesin berukuran 1,5 Liter punya keunggulan performa, karena punya ratio weight terbaik daripada tiga kontestan lainnya.

Dengan format hatchback, Honda Jazz terlihat jadi yang paling modis dan sporty, hal tersebut juga didukung dengan desain elegan. Belum lagi ditambah dengan keberadaan fitur yang beragam seperti Eco Asssist, Cruise Control, Smart Key System dan CVT Paddle Shift. Honda Jazz punya beberapa produk yang berbeda format di luar Indonesia, seperti Honda Fit Shuttle Hybrid dan Honda Fit Hybrid sebagai varian lain produksi Honda. Honda Jazz A/T sendiri dihargai sebesar Rp 275,5 juta untuk tipe RS-nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>